Jumat, 08 Oktober 2010

Tugas 2 PENGANTAR BISNIS

tiga unsur yang menyebabkan munculnya aktivitas ekonomi ?


keinginan manusia
yang pertama dan yang paling mendasar adalah keinginan manusia .manusia memiliki banyak kebutuhan yang lambat laun akan bertambah dengan sendirinya .

keinginan manusia terbagi menjadi dua yaitu keinginan pokok dan keinginan tambahan .keinginan pokok yaitu keinginan yang utama atau dengan kata lain harus segera dipenuhi .misalnya ,kita membutuhkan makanan disaat kita lapar maka makanan tersebut merupakan keinginan utama .keinginan tambahan merupakan keinginan sekunder .sifatnya tidak terlalu penting atau secara singkat disebutkan bahawa keinginan tambahan adalah keinginan lain diluar keinginan utama .


sumber-sumber daya
sumber daya yang melimpah dibumi kita ini merupakan anugerah dari Tuhan .mengapa begitu ,karena dari sumber daya yang tersedia inilah bisa terjadinya aktivitas ekonomi .sebagai contoh gas gas yang melimpah di Aceh saat ini dimanfaat kan untuk kegiatan ekonomi di Indonesia dan sebagiannya di ekspor ke negara lain .dari gas itu juga muncul industri industri yang menyerap banyak tenaga kerja sehingga penduduk didaerah sana dapat melakukan kegiatan ekonominya untuk memenuhi keinginannya .

cara-cara berproduksi
banyak cara untuk melakukan kegiatan produksi .dari mulai cara produksi yang sederhana sampai dengan cara produksi yang sangat komplex .tentunya semakin tinggi cara produksi seseorang maka akan harga jual barang yang diproduksi semakin tinggi ,begitu pula sebaliknya .

jadi ,agar produksi yang dihasilkan dapat mencapai target dibutuhkan cara-cara .tentunya tidak semuanya sama ,lain produk lain pula caranya .disinilah dituntut bagaimana sesorang untuk berusaha agar produk yang dihasilkan berkualitas dan tidak mengecewakan konsumen .bila konsumen sudah kecewa maka produk tersebut sudah tidak ada lagi tempat dimasyarakat

*sebagian dari tulisan ini saya adaptasi dari sumber


perbedaaan antara perusahaan dan lembaga sosial ?

didalam kegiatan ekonomi prioritas dari suatu perusahaan adalah mendapatkan laba setinggi-tingginya dengan modal serendah-rendahnya .tidak bisa disamakan dengan lembaga sosial .lembaga sosial tidak berorientasi pada laba ,melainkan orientasinya pada tanggungjawab .sebagai contoh RT/RW ,ini merupakan lembaga sosial tapi tidak mengharapkan laba melainkan tanggungjawab kepada masyarakat .


tempat dan letak perusahaan ?

tempat perusahaan adalah tempat dimana kantor pusat perusahaan itu berada .biasanya tempatnya itu berkaitan dengan lembaga lembaga lain misalnya lembaga pemerintahan ,lembaga pendidikan.
sedangkan letak perusahaan adalah tempat dimana perusahaan itu melakukan kegiatan sehari harinya .dalam pemilihan letak perusahaan tidak boleh dilakukan dengam coba-coba karena dengan cara itu perusahaan akan menghasilkan produk secara maksimal ,apabila letaknya kurang bagus maka hasilnya pun tidak maksimal .




lingkungan eksternal mikro dan makro dalam dunia usaha ?
Lingkungan ekstern atau eksternal terdiri atas unsur-unsur yang berada di luar organisasi, dimana unsur-unsur ini tidak dapat dikendalikan dan diketahui terlebih dahulu oleh manajer, disamping itu juga akan mempengaruhi manajer di dalam pengambilan keputusan yang akan dibuat. Unsur-unsur lingkungan eksternal organisasi contohnya yaitu perubahan perekonomian, peraturan pemerintah, perilaku konsumen atau masyarakat, perkembangan teknologi, politik dan lain sebagainya
.
Lingkungan eksternal dibagi menjadi dua yaitu lingkungan mikro dan lingkungan makro.

Lingkungan eksternal mikro yaitu lingkungan yang mempunyai pengaruh langsung terhadap kegiatan manajemen. contohnya adalah ; pemasok BBM ,ditributor ,konsumen dan pesaing .itu semua sangat berpengaruh dalam dunia usaha .pemasok BBM sebagai suplier yang memasok bahan baku ,bila tersendat maka perusahaan akan tersendat juga .

sedangkan lingkungan eksternal makro yaitu lingkungan yang mempunyai pengaruh tidak langsung. contohnya adalah ; lingkungan budaya ,lingkungan ekonomi ,lingkungan hukum dan politik ,keadaan alam ,teknologi dan hubungan internasional .sumber


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar