Sabtu, 20 November 2010

Tugas 7 Pengantar Bisnis

1. jelaskan secara singkat 5 konsep pemasaran

a. Konsep Produksi
adalah anggapan pemasar yang beroroientasi kepada proses produksi (internal) bahwa konsumen akan membeli produk-produk yang murah. dengan demikian fokus kegiatan perusahaan yang harus dilakukan adalah efisiensi biaya (produksi dan distribus) agar dapat menjual barang dengan murah kepada konsumen

b. Konsep Produk
adalah anggapan pemasar bahwa konsumen lebih menghendaki produk-produk yang berkualitas atau berpenampilan baik. dengan demikian tujuan bisnis perusahaan adalah pengendalian kualitas

c. Konsep Penjualan
adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada tingkat penjualan (internal) bahwa konsumen peru dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehinga tercapaiprofit maksimum sebagai tujuan perusahaan. dengan demikian fokus kegiatan perusahaan adalah mampu mempengaruhi ,membujuk (bahkan mungkin memaksa) konsumen untuk membeli sehingga penjuaan dapat meningkat

d. Konsep Pemasaran
adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan (eksternal) bahwa konsumen hanya akan bersedia membeli prosuk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan. dengan demiianm fokus kegiatan perusahaan adalah berusaha memenuhi kepusasan pelanggan melalui pemahaman perilaku konsumen yang dijabarkan dalam kegiatan pemasaran yang memadukan kegiatan-kegiatan fungsional lain (misalnya kegiatan produksi, keuangan, personalia, dan sebagainya)

e.Konsep Pasar
adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan dan pesaing-pesaing perusahaan (persaingan pasar) bahwa produsen perlu mempunyai keunggulan pasar yang bersaing (kompetitif) untuk dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan. Fokus kegiatan perusahaan disamping berusaha memahami perilaku konsumen dan juga berusaha memahami perilaku pesaing untuk dapat mengatasi persaingan

sumber : buku dasar pemasaran Universitas Gunadarma halaman 6

2. sebutkan dan jelaskan beda pasar dan pemasaran

pasar adalah konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa

pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau non-profit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau  menetapkan harga ,mendistribusikan, serta mempromosikannya melalu proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan .


3. Apa Beda Kebutuhan & Keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran ?

    Kebutuhan adalah keadaan dimana manusia merasa tidak memiliki kepuasan dasar. Kebutuhan tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar, namun sudah ada dan terukir dalam hayati kondisi manusia., sedangkan Keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan tersebut. Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan institusi sosial.

4. Jelaskan dengan singkat apa yang dimaksud dengan Marketing MIX !
   Marketing mix adalah seperangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan produk, harga, tempat dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan untuk mencapai target market.
Terdiri dari 4Ps:

○ Products:
segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan

○ Place:

merupakan faktor penting yang berhubungan dengan pemilihan toko karena lokasi yang strategis menentukan volume penjualan sebuah toko dan sasaran pelanggan.

○ Promotion:

merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang perlu dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk dan jasa.
Price:Strategi penetapan harga, terdiri dari 4 strategies, mulai dari: “prestige pricing, competitive pricing, and penetration pricing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar