Sabtu, 12 November 2011

Kehadiran Bemo

Bemo adalah sebuah kendaraan roda 3 yang berasal dari pabrikan Daihatsu di Jepang .Nama Bemo sendiri adalah nama dari Indonesia yang berarti Becak-Motor. Mengapa demikian karena Bemo memiliki 3 roda seperti becak dan juga memiliki mesin seperti kendaraan bermotor. nama Bemo sendiri adalah Daihatsu Midget.

padamulanya pada awal tahun 1960an bemo merupakan kendaraan pick-up yang digunakan untuk mengankut barang didaerah yang sempit karena bentuknya yang kecil. munculnya Bemo dijepang adalah akibat rangkaian produksi yg dilakukan PT Daihatsu untuk menyayinya rival senegaranya yaitu Toyota. kesuksesan Daihatsu Midget ini kemudian menjadikannya barang ekspor yang dikirim keberbagai negara termasuk Indonesia .

di Indonesia Bemo digunakan sebagai transportasi umum, berbeda dengan jepang yang menjadikannya angkutan barang. sedemikianrupa bemo dimodifikasi menjadi seperti sekarang ini yang kita lihat. dengan kapasitas penumpang 8 orang .6 orang dibelakang dan 2 orang didepan termasuk supir menjadikannya salah satu tranportasi yang diandalkan pada tahun 1960 sampai 1980an.

saat ini Bemo sudah jarang sekali kita temui di Jakarta karena diaanggap sudah terlalu tua dan tidak aman lagi .sudah banyak Bemo yang diremajakan .salah satu daerah yang masih ada trayek Bemo adalah kawasan Bendungan Hilir Tanah Abang ,Jakarta Pusat tepatnya di Pasar Bendungan Hilir. disana kita masih dapat menaiki Bemo apabila ingin nostalgia dengan masa lalu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar