Kamis, 22 November 2012

Masih Adakah Persatuan dan Kesatuan di Negara Kita, Indonesia Raya


Tujuan             : Memberikan gambaran betapa pentingnya sebuah persatuan dan kesatuan


Siapa yang belum mengerti tentang persatuan dan kesatuan? Saya yakin seluruh manusia normal dimuka bumi ini mengetahuinya, baik itu sebatas penalaran maupun secara definisi lengkap. Persatuan dan kesatuan secara umum adalah tidak adanya keributan dan pertengkaran apapun alasannya sehingga terjadi keseimbangan didalam suatu wilayah. Didalam Pancasila sila ketiga juga tercantum yaitu “Persatuan Indonesia”. Makna persatuan dan kesatuan juga sudah ada beratus tahun yang lalu ketika muncul sebuah karya dari Mpu Tantular yang dimana isinya terdapat kata-kata “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya “biarpun berbeda tetapi tetap satu tujuan”.

Namun lama kelamaan rasa persatuan dan kesatuan ini mulai luntur ditelan zaman. Belakangan ini kita temui terjadi kerusuhan didaerah-daerah, perang saudara, perang antar suku. Kejadian ini bisa kita temui dalam beberapa minggu belakangan ini. Contohnya yang masih hangat adalah kerusuhan yang terjadi dilampung akhir bulan oktober lalu. Bentrokan itu terjadi melibatkan dua suku yang berbeda, yaitu Suku Lampung dan Suku Bali. Penyebabnya adalah seorang gadis Suku Lampung yang dilecehkan oleh pemuda Suku Bali. Ketika warga dari Suku Lampung ingin meminta pertanggungjawaban, akhirnya malah diserang oleh Suku Bali yang mengakibatkan tewasnya warga Suku Lampung dan tidak terima akhirnya Suku Lampung menyerang balik. Peristiwa ini tidak akan berhenti sampai ada mediasi yang benar-benar menguntungkan dua belah pihak. Kasus lainnya yang lebih kecil ruang lingkupnya adalah terjadi di DKI Jakarta. Terjadi tawuran antara pelajar SMA 70 dan SMA 6 Jakarta. Kejadian tersebut menyababkan 1 orang dari SMA 6 tewas ditempat. Kalau dari bangku sekolah saja sudah tidak bersatu bagaimana nanti kedepannya? Tentu saja tidak akan bersatu.

Dari dua kejadian yang disebutkan tadi dapat kita lihat bahwa Bangsa Indonesia yang dikenal sebagai bangsa yang ramah tamah dan penuh toleransi kini perlahan mulai luntur. Rasa persatuan dan kesatuan sudah mulai hilang tergerus zaman. Akibat masalah kecil, emosi yang tinggi menjadi besar. Andai saja nilai-nilai itu masih ada hingga kini maka hidup di Indonesia ini akan amat sangat menyenangkan dengan persatuan dan kesatuan yang tercipta. Agar itu semua tidak terjadi semakin mendalam diperlukan kerjasama dari berbagai pihak terutama pemerintah. Apabila dilakukan mediasi, lakukanlah sampai ketingkat paling bawah. Jangan yang ditingkat atas melakukan mediasi, tingkat bawah makin bergejolak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar